Teknologi Trasportasi

Perkembangan Teknologi Bidang Transportasi



Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Kali ini kita akan membahas mengenai kemajuan dan perkembangan teknologi dari waktu ke waktu. Perkembangan teknologi terus mengalami inovasi dan perkembangan dalam berbagai bidang kehidupan. Perkembangan teknologi ini dimaksud untuk mempermudah aktifitas manusia dalam kehidupan sehari-harimisalnya pergi ke sekolah menggunakan bis tentunya lebih mudah dibandingkan dulu yang hanya  dapat sampai ke sekolah dengan berjalan kaki. Manusia pada saat ini memang tidak bisa terlepas dengan yang namanya teknologi, apalagi di zaman modern dan era globalisasi ini kita dituntut untuk bisa menggunakan teknolgi yang ada agar kita dapat terus menjalani kehidupan dengan lebih mudah.

Perkembangan teknologi di berbagai bidang sangatlah berkembang pesat, disini saya akan membahas mengenai perkembangan teknologi di bidang transportasi. 


1. Self Parking

Meski bukan fitur baru, tapi tren teknologi parkir otomatis yang pertama kali di perkenalkan oleh BMW seri 7 ini, kini banyak diaplikasi oleh beberapa merek ternama. Mulai dari VW Passat, Toyota Prius, bahkan sampai Ford Focus yang dulu kehadirannya sempat ramai di Indonesia.






2. Sistem Pada Mobil Ford Focus
Belakangan ini sering mencuat tentang mobil keluaran ford yang bernama ford focus dengan teknologinya yaitu “blindspot” dimana teknologi tersebut berfungsi sebagai radar di kiri dan kanan mobil, memperingatkan pengemudi jika ada pengendara lain yang berada di area blindspot.


3. Teknologi "Glow In The Dark" Jalur Sepeda di Polandia

Sepeda adalah salah satu alat transportasi yang paling awal ditemukan. Tidak heran jika sepeda merupakan salah satu alat transportasi yang paling banyak dipakai hingga saat ini.

Meskipun saat ini sepeda telah dikembangkan sedemikian rupa (seperti sepeda motor), namun sepeda tradisional yang digerakkan dengan mengayuh pedal masih menjadi pilihan bagi beberapa orang.

Hal tersebut diantaranya karena sifat sepeda sebagai alat transportasi ramah lingkungan, dan juga menjadi alat yang bagus untuk berolahraga dalam keseharian.

Guna memanjakan para pengguna sepeda di wilayahnya, terdapat beberapa cara yang ditempuh oleh pemerintah kota untuk menyediakan fasilitas bagi masyarakatnya yang menggunakan sepeda. Hal ini misalnya dilakukan oleh pemerintah kota Lidzbark Warminski di Polandia Utara.


Pemerintah setempat mengembangkan teknologi untuk memanjakan para pengguna sepeda ketika  malam hari. Pencahayaan yang kurang memang menjadi salah satu hal yang cukup mengganggu ketika melakukan perjalanan dengan sepeda di malam hari.

Untuk mengatasi hal tersebut, dikembangkanlah teknologi ‘glow in the dark’ pada jalur khusus pesepeda. Teknologi ini membuat jalur sepeda pada malam hari menjadi bersinar.

Teknologi tersebut membuat jalur khusus pesepeda akan bersinar ketika malam hari, sehingga membuat jalur menjadi mudah untuk dilihat dan dilalui. Teknologi ini memanfaatkan energi yang diperoleh dari sinar matahari pada siang hari.

Terdapat partikel khusus pada aspal jalur sepeda tersebut yang membuatnya dapat bersinar di malah matahari. Partikel tersebut bernama luminophore, yang akan memancarkan cahaya biru yang indah pada jalur tersebut ketika matahari telah terbenam.

Teknologi ini cukup ramah lingkungan, dan tidak memerlukan suplai energi khusus, karena memanfaatkan tenaga matahari. Dengan teknologi ini, kegiatan bersepeda akan menjadi lebih mengasyikkan, dan tentunya akan lebih aman.




Sumber :
http://otomotif.kompas.com/read/2017/01/04/102300015/lima.teknologi.canggih.mobil.pada.2017
https://www.typodea.com/teknologi-transportasi-canggih-terbaru-tahun-2017/



Comments

Post a Comment

Popular Posts