Perkembangan Teknologi Komunikasi dan Informasi

2. Perkembangan Teknologi Komunikasi dan Informasi


  • Perkembangan di bidang informasi dan komunikasi adalah ditemukannya telepon oleh Alexander Graham Bell pada tahun 1876. Setelah itu, berbagai penemuan lain bermunculan, di antaranya penemuan ponograp oleh Thomas Edison pada tahun 1877 dan penemuan radio oleh Guglielmo Marconi pada tahun 1896. Juga perkembangan televisi dan satelit komunikasi menandakan kemajuan yang pesat di bidang teknologi informasi dan komunikasi.




  • Seiring perkembangan zaman, telepon pun berubah menjadi smartphone yang biasa kita gunakan dalam kehidupan sehari hari disetiap aktivitas kita.
  • Namun begitu penemuan penting lainnya di bidang teknologi informasi dan komunikasi adalah dengan ditemukannya komputer. Komputer merupakan penemuan terbesar pada abad ke-20. Perkembangan di bidang komputer semakin pesat ketika ditemukannya transistor pada tahun 1947 oleh John Bardeen dan penemuan mikroprosesor pada tahun 1971. Komputer telah mengubah berbagai aspek kehidupan manusia. Komputer secara luas telah digunakan dalam berbagai bidang untuk mengontrol dari alat yang paling sederhana seperti telepon hingga ke mesin yang paling rumit seperti pesawat terbang. Begitu juga dengan penggunaan robot yang dikendalikan dengan komputer meningkat dengan pesat. Robot-robot ini mengerjakan pekerjaan yang dirasakan terlalu berbahaya bila digunakan oleh manusia. Kemajuan dan kemampuan teknologi komputer ini terus meningkat setiap hari.
  • Selain itu kemajuan di bidang teknologi informasi dan komunikasi semakin pesat ketika ditemukannya internet. Internet dapat diartikan sebagai suatu jaringan komunikasi antar komputer. Pada awalnya, yaitu tahun 1969, Departemen Pertahanan dan Keamanan Amerika Serikat mengembangkan suatu jaringan komunikasi yang menjadi cikal bakal internet dengan nama ARPnet (Advanced Research Project Agency Network). Jaringan komunikasi ini hanya terhubung antara sistem komputer pemerintah dan militer. Jaringan komunikasi ini dibuat dengan tujuan untuk menjaga keimanan sistem komputer apabila terjadi bencana atau perang.Melihat manfaatnya yang begitu besar para ilmuwan dari berbagai universitas di Amerika Serikat juga mengembangkan jaringan komputer yang mirip dengan ARPnet, yaitu NSFnet (NSF = Nation Science Foundation). NSFnet ini ternyata lebih baik dan lebih murah sehingga terus dikembangkan agar bisa digunakan oleh masyarakat umum. Terbentuklah apa yang sekarang kita kenal dengan internet. Pada tahun 1993, teknologi internet mulai diperknalkan kepada masyarakat umum. Kini, tiap orang apabila mempunyai komputer, modem, dan software internet dapat mengakses berbagai informasi melalui internet.





Sumber :







Comments

Popular Posts